Tindakan May Day, Beberapa PRT Goyang Kucek Pakaian di Depan Pintu Monas

Tindakan May Day, Beberapa PRT Goyang Kucek Pakaian di Depan Pintu Monas

                  JAKARTA, Kurang lebih 350 asisten rumah tangga (ART) se-Jabodetabek berkumpul di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/2018) untuk menyemarakkan Hari Buruh Internasional.

Koordinator tindakan massa dari Jala PRT Lita Anggraeni menyebutkan, ia serta rekan-rekan membawa dua pesan pada hari ini.

” Pertama, kita menginginkan ada perlindungan undang-undang pekerja rumah tangga. Ke-2, kita semuanya mensupport pemerintah bagaimana langkahnya untuk hindari diskriminasi tindakan serta pelecehan seksual pada beberapa PRT (pekerja rumah tangga), ” kata Lita pada Kompas. com, Selasa.

Ia menyebutkan, sampai kini PRT tidak mempunyai jaminan sosial. Mereka juga dilarang berserikat atau ikuti aktivitas grup.

Dalam aksinya, mereka berteriak menyemangati diri dengan kalimat ” Hidup pekerja tempat tinggal tangga’.

Baca Juga : KPK Sita Uang Rp 4 Miliar serta 13 Kendaraan Bupati Mojokerto

Menariknya, mereka membawa beberapa atribut dapur, seperti serbet, panci, baskom, sapu, penggporengan, sutil, tampah, serta saringan.

Peserta tindakan yang didominasi wanita itu juga membawa sebagian poster yang diisi tulisan berkaitan tuntutan mereka, seperti ” Day off for domestic worker “, ” Majikan tidak sama juga dengan raja atau ratu “, serta ” Gaji layak buruh di negeri merdeka. ”

” Itu semuanya kalimat memanglah yang menginginkan di sampaikan. Telah kita rapatkan, kita tentukan supaya tak ada sekali lagi diskriminasi, ” kata Lita.

Tidak cuma itu, mereka menghadirkan tarian dengan iringan musik pop-dance dari atas mobil komando.

Mereka lakukan tarian seperti aktivitas rumah tangga, umpamanya menyapu, mengucek baju, serta bersolek.

Support by : kompas.com