Tips Ma’ruf Amin biar Tetap Bugar Selama Safari Pilpres

Medan – Calon wakil presiden KH Ma’ruf Amin menceritakan mengenai mengawasi kesehatan saat safari politik di sejumlah daerah dalam Pemilihan presiden 2019. Ia mengakui tidak memiliki perihal spesial untuk mengawasi kesehatan serta stamina, termasuk juga dipijit.

“Oh tidak (ada tukang pijit). Saya tidak senang dipijit (tertawa). Jika dipijit justru tidak enak. Ramuan spesial juga tidak, sebab yang pertama itu santai saja, di nikmati saja,” tutur Ma’ruf Amin di Hotel Nabasa Balige, Balige, Sumatera Utara, Sabtu (6/10/2018).

Dia memang menyebutkan senang bergaul atau bersosialisasi dengan penduduk semenjak muda sampai sekarang. Akan tetapi ia tidak lupa untuk tidur atau beristirahat sesudah melakukan pekerjaan sehari-hari.

“Cuma memang, pasti saya mesti beristirahat. Karenanya, jika saya di mobil, mesti sedapat mungkin saya tidur hingga saya tidak kurang tidur. Itu saja. Nah, semoga saya sehat selalu,” papar Ma’ruf.

Berkaitan alur makan, Ketum MUI itu menyebutkan mesti kurangi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat. Sang istri, Wuty Estu Handayani, juga tetap mengatur alur makannya.

“Sebab saya kan telah ada gula, menjadi memang kurangi karbohidrat. Sebab di samping saya ini senang ngontrol,” kata Ma’ruf, yang menunjuk Wuty di sebelahnya.

Baca Juga : Rumah Pribadi Wali Kota Pasuruan Digeledah, KPK Bawa Berkas

Diluar itu, bekas Rais Aam PBNU itu menjelaskan tidak sudah sempat olahraga sehari-hari sebab banyak tamu yang ingin menemuinya.

“Tidak sempatlah, tamu itu jika di dalam rumah jika jam 06.00 telah ada tamu. Tetapi ada sepeda elektrik,” papar dia.