YZR-M1 Cocok dengan Sirkuit Silverstone, Quartararo Optimis Tatap MotoGP Inggris 2019

SILVERSTONE – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, sudah tak sabar untuk tampil pada MotoGP Inggris 2019 yang akan berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu 25 Agustus 2019. Quartararo amat optimis menyambut balapan akhir pekan ini karena tata letak Sirkuit Silverstone amat cocok dengan motor Yamaha, YZR-M1.

Tata letak sirkuit sepanjang 5,9 km itu memang amat mendukung YZR-M1 untuk berjaya karena memiliki banyak tikungan. YZR-M1 yang dari dulu terkenal dengan kemampuannya melahap tikungan tentu memiliki peluang besar untuk berjaya.

El Diablo –julukan Quartararo– pun datang dengan kepercayaan diri tinggi karena meraih podium ketiga pada balapan sebelumnya, MotoGP Austria 2019. Quartararo menempati posisi ketiga karena kalah cepat dari Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu 11 Agustus 2019 itu.

“Balapan Silverstone akan sangat baik bagi kami karena itu adalah trek yang benar-benar cocok dengan Yamaha, dan kami tidak dapat tiba lebih baik daripada mendapatkan podium di Austria. Sangat menyenangkan memiliki satu minggu untuk beristirahat dan berlatih sejak saat itu. Itu berarti seperti biasanya saya tiba di Silverstone dengan kesiapan untuk memberikan hasil terbaik. Saya merasa sangat yakin dengan sirkuit yang punya trek lurus lebih pendek dan lebih banyak tikungan daripada Red Bull Ring,” ujar Quartararo, seperti yang dikutip dari Crash, Selasa (20/8/2019).

Meski demikian, Quartararo juga akan menghadapi dua kesulitan di MotoGP Inggris 2019. Kesulitan pertama ialah aspal baru Sirkuit Silverstone yang belum pernah dicoba oleh pembalap mana pun. Kemudian kesulitan kedua adalah YZR-M1 bukan satu-satunya motor yang ahli melahap tikungan.

Baca Juga : BAYERN BATAL REKRUT LEROY SANE GARA-GARA CEDERA LIGAMEN

Masih ada RC213V milik Repsol Honda yang juga amat ahli saat menikung. Akan tetapi, Quartararo dapat sedikit lega karena pembalap Honda, Marc Marquez, tak memiliki rekor bagus saat mengaspal di Sirkuit Silverstone.

The Baby Alien –julukan Marquez– hanya mampu mendapatkan dua podium dari lima balapan terakhir di Sirkuit Silverstone. Marquez menuai satu kemenangan yakni pada musim 2014 dari dua podium yang didapatkannya di Sirkuit Silverstone. Menilik fakta-fakta itu maka Quartararo tak boleh lengah sedikit pun saat balapan jika tak mau gagal menuai hasil apik di Sirkuit Silverstone.